Halim Garden Sahabat Taman Anda
10 Sep 2019
Ide Tanaman Indoor

Ide Tanaman Indoor

Ide Tanaman IndoorIDE TANAMAN INDOOR

Ide Tanaman Indoor – Bagi Anda yang ingin menciptakan ruangan yang sejuk, Anda bisa menerapkan dengan cara memberikan beberapa tanaman. Tanaman indoor begitu biasanya kita sebut. Nah berikut ini adalah beberapa ide tanaman indoor yang bisa Anda terapkan untuk rumah Anda.

Macam Tanaman Indoor

Kendati banyak manfaatnya, tidak semua orang sukses menanam tanaman obat. Ada saja kendalanya, mulai dari ketidaktahuan cara merawatnya hingga kendala keterbatasan ruang. Nah, untuk menyiasati kendala terbatasnya ruang, kali ini Homify akan menyusun beberapa tanaman obat yang bisa dijadikan tanaman hias dan ditanam indoor atau di dalam rumah. Jadi selain tampak cantik, tanaman berikut memiliki fungsi juga untuk kesehatan Anda.

1. Lavender

 Household oleh edictum - UNIKAT MOBILIAR

Tanaman lavender atau Lavandula afficinalis syn.L. angustifolia (Lamiaceae) memiliki banyak manfaat. Tanaman obat yang berasal dari Prancis ini sering dijadikan sebagai bahan campuran parfum dan produk kecantikan lainnya karena aromanya yang khas dan wangi.

Di balik keharumannya, ternyata banyak juga khasiat dari lavender, yakni untuk membantu tidur nyenyak, mengatasi iritasi perut, mengatasi kerontokan rambut, memberi efek tenang dan relaks, dan yang paling terkenal adalah khasiatnya sebagai pengusir gigitan nyamuk. Biasanya lavender diolah dengan cara dijadikan essential oil.

2. Geranium

 Taman oleh sihirlipeyzaj

Sekilas bunga geranium mirip dengan mawar. Tak hanya secara visual, dari aromanya juga mirip dengan bunga mawar. Dan seperti halnya bunga mawar, bunga asal Afrika Selatan ini pun memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Bunga geranium dikabarkan bisa meringankan peradangan, memperbaiki sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan ginjal, menghilangkan penat atau stres, dan seperti lavender, geranium juga berfungsi mencegah gigitan nyamuk.

Bunga geranium bisa dimanfaatkan dengan cara dikonsumsi langsung, dijadikan teh herbal, atau juga diolah menjadi essential oil.

3. Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria)

 Interior landscaping oleh Pflanzenfreude.de

Tanaman dengan nama unik ini umumnya lebih dikenal sebagai tanaman hiasdaripada tanaman obat. Namun, siapa sangka, ternyata tanaman berbentuk runcing ini memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Sansevieria memiliki khasiat yang cukup banyak, salah satunya untuk mengatasi sick building syndrome, yakni penyakit yang muncul akibat terlalu lama menghabiskan waktu dalam ruangan ber-AC, kurang oksigen, atau banyak asap rokok. Gejala sick building syndrome ini meliputi sakit kepala, mual, lemas, dan pegal.

Dengan menaruh tanaman sansevieria ini maka udara dalam ruangan akan segar kembali. Selain itu, getah sansevieria juga bisa dijadikan sebagai antiseptik, akarnya bisa dijadikan untuk tonik penyegar rambut, dan bila direbus, sansevieria bisa dijadikan obat untuk mencegah diabetes.

4. Tanaman Paku Tanduk Rusa

 Taman oleh MC3 Arquitetura . Paisagismo . Interiores

Tanaman yang memiliki nama lain simbar menjangan atau paku uncal ini memiliki ciri khas permukaan yang kasar dan bentuk menjuntai seperti tanduk rusa dengan posisi terbalik. Tanaman tanaman paku tanduk rusa banyak dijadikan tanaman hias karena bentuknya yang unik dan indah. Di balik keindahannya, paku tanduk rusa juga bisa dijadikan tanaman obat.

Khasiat tanaman obat paku tanduk rusa bisa untuk meredakan demam, mengatasi siklus haid yang tidak teratur, dan menghilangkan bisul. Cara pengolahannya bisa dengan direbus, atau untuk mengobati bisul, cukup ditumbuk bersama sedikit kapur sirih, lalu dikompreskan pada area yang sakit.

5. Zaitun

 Ruang Keluarga oleh Vanessa Rhodes Interiors

Siapa yang tidak tahu khasiat zaitun? Zaitun, yang memiliki nama ilmiah Olea europaea, khasiatnya sudah dikenal sejak zaman nenek moyang. Buktinya, banyak resep kecantikan ala putri raja pada masa lampau yang menggunakan ekstrak buah zaitun.

Selain minyaknya yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya, buahnya juga kaya nutrisi jika dikonsumsi langsung. Khasiatnya antara lain untuk mengatasi infeksi, mencegah penyakit jantung, kanker, dan osteoporosis.

Selain banyak manfaat sebagai tanaman obat, ternyata pohon zaitun juga cocok ditaruh dalam pot dan dijadikan tanaman untuk mempercantik ruangan seperti pada gambar di atas.

6. Lemon

 Taman oleh Phillys Interior Design

Pernah terpikir untuk menanam pohon lemon dalam sebuah pot dan menempatkannya di dalam ruangan? Jika belum pernah, maka saat ini Anda bisa mulai mencobanya. Selain unik dan ampuh mempercantik ruangan, dengan menanam pohon lemon berarti Anda juga bisa merasakan manfaat dari buah lemon.

Manfaat tanaman obat lemon bisa Anda rasakan misalnya dengan menjadikannya sebagai masker wajah. Air perasan lemon dikenal memiliki khasiat bagi kecantikan kulit, yakni bisa mengatasi jerawat, komedo, dan membantu mencerahkan kulit kusam.

Selain untuk mengatasi permasalahan kulit, meminum perasan lemon dengan air hangat setiap pagi bisa juga mencegah batu ginjal, memperbaiki sistem pencernaan, menyegarkan napas, dan bisa menjadi sumber tambahan vitamin C untuk tubuh Anda.

10 Sep 2019
Khasiat Tanaman Tanduk Rusa Bagi Kesehatan

Khasiat Tanaman Tanduk Rusa Bagi Kesehatan

Khasiat Tanaman Tanduk Rusa Bagi KesehatanKHASIAT TANAMAN TANDUK RUSA BAGI KESEHATAN

Tanaman Tanduk Rusa – Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas mengenai bagaimana cara menanam tanaman paku tanduk rusa. Tanaman ini merupakan salah satu jenis dari tanaman paku-pakuan. Nama lain dari tanaman paku ini adalah simbar menjangan (Jawa & Bali) dan paku uncal (Sunda). Tanaman ini juga mempunyai banyak khasiat bagi tubuh kita.

Manfaat Tanaman Paku Tanduk Rusa

Ciri-ciri tanaman ini adalah permukaan daunnya mirip kulit rusa yaitu kasar, daun tanduk rusa menjuntai ke bawah bercabang-cabang menyerupai tanduk binatang rusa yang terbalik. Pada dasarnya tanduk rusa merupakan tumbuhan tegak yang menempel pada inang dengan pokok penumpu berupa akar dan rimpang batang membentuk bungkah kool berwarna coklat dan jutaian helaian daun berwarna hijau

Tempat hidup yang disukai oleh tanduk rusa adalah tempat yang tidak langsung memperoleh sinar matahari. Untuk cara pengembangbiakan tanduk rusa bisa dilakukan dengan cara spora atau dengan memindahkan akar rimpangnya.

Daun tanduk rusa bisa kita manfaat sebagai obat tradisional atau obat herbal, berikut adalah cara mengolahnya :

Obat demam

Selembar daun tanduk rusa ditumbuk halus, ditambah garam secukupnya, kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah disaring bisa diminum 2 kali sehari 1 cangkir, yaitu pagi dan sore.

Obat bisul

Campur selembar daun tanduk rusa dan sedikit kapur sirih, lalu tumbuk halus. Ramuan ini bisa digunakan untuk mengompress bagian bisul.

Obat radang rahim luar

Tumbuk sampai halus 2-5 lembar daun tanduk rusa dan minyak kayu putih secukupnya. Untuk cara menggunakannya, yaitu ramuan ini bisa ditempelkan pada perut /rahim dan dibalut dengan kain stagen.

Obat abses

Daun tanduk rusa juga bisa untuk mengobati abses, yaitu suatu penimbunan nanah yang biasanya terjadi karena adanya suatu infeksi bakteri. Caranya dengan menumbuk sampai halus selembar daun tanduk rusa, satu siung bawang merah dan adas pulawaras secukupnya. Selanjutnya bisa dipakai untuk mengompress bagian bisul.

Obat haid tidak teratur

Untuk mengobati haid tidak teratur sangatlah mudah. Seduh 2 lembar daun tanduk rusa dengan air panas secukupnya. Selanjutnya bisa diminum 4 atau 3 hari sebelum datang bulan (haid).

Baca juga :

10 Sep 2019
Menanam Tanaman Paku Tanduk Rusa

Menanam Tanaman Paku Tanduk Rusa

Menanam Tanaman Paku Tanduk RusaMENANAM TANAMAN PAKU TANDUK RUSA

Tanaman Paku Tanduk Rusa – Apa yang kalian ketahui mengenai tanaman paku tanduk rusa? Tanduk rusa ini merupakan jenis tanaman hias yang tidak banyak orang mengetahui keberadaannya. Lantas seperti apa sih tanaman paku tanduk rusa ini? Yuk kita ketahui beberapa panduan menanamnya!

Karena ini mungkin salah satu jenis tanaman hias yang hanya akan hidup dengan menempel pada tumbuhan lain, maka anda memang harus menyediakan tanaman induk atau inang jika ingin merawat dan mengembangkan tanaman paku rusa ini. Nah tanpa banyak basa basi lagi, yuk kita bahas cara menanam paku tanduk rusa tersebut.

1. Proses Pembibitan Tanaman Paku Tanduk Rusa

Proses pembibitan dari tanaman hias yang menempel pada inang ini tidaklah sulit. Namun memang mebutuhkan sedikit ketelitian. Dimana beberapa langkah yang dilakukan untuk proses pembibitan adalah :

  • Metode pembibitan yang digunakan adalah metode merampal atau dengan pemisahan indukan yang bergerombl dengan batang induk atau inangnya.
  • Gunakan pisau yang tajam agar tidak merusak banyak bagian dari tanaman paku tanduk rusa tersebut.
  • Potong dengan baik indukan yang menempel pada batang inang tanpa merusak sistem akarnya. Walaupun tanpa sengaja mungkin anda merusak sedikit sistem akar, tidak masalah karena nantinya jika dirwat dengan baik akar tersebut akan kembali pulih dan kembali tumbuh.
  • Rendam batang yang telah dipisahkan tadi dengan enzim penguat akar yang banyak dijual dipasaran agar nantinya tumbuhan ini bisa tumbuh dnegan baik dan subur pada tumbuhan inang barunya.

2. Persiapan Media Tanam Paku Tanduk Rusa

Tidak ada aturan khusus yang menyatakan bahwa media tanam apa yang seharusnya atau sebaiknya digunakan dalam pertumbuhan dari paku tanduk rusa ini, namun anda bisa menggunakan jenis media tanam akar pakis.

Ketika anda selesai membersihkan calon bibit dari tanaman paku tanduk rusa tersebut, maka tempelkan langsung kemedia tanam yang berupa akar pakis tersebut seperti cara merawat tanaman hias daun suplir.

Media akar pakis ini memang sering digunakan untuk mebudidayakan serangkaian tanaman yang menempel pada induk atau tumbuhan inang. Karena media ini bisa dengan baik mengikat air dan akar tanaman tersebut agar tidak goyah dan mudah tumbuh nantinya.

Letakan di tempat yang tidak terlalu panas dan teduh seperti cara mencangkok tanaman hias berkayu. Siram secara teratur agar tanaman tersebut bisa tumbuh dan tidak kering dan bahkan mati. Setelah tumbuh akar baru atau adnaya pertumbuhan tunas baru, maka anda sudah bisa menanam kembali calon tanaman paku tanduk rusa tersebut.

3. Proses Penanaman Ulang Bibit Paku Tanduk Rusa

Untuk proses penanaman ulang dari bibit yang berhasil dipisahkan sebelumnya ini, berikut metodenya :

  • Pohon inang yang akan ditempeli lagi oleh tanaman hias ini harus sebelumnya dibersihkan, gunakan semprotan pupuk cair dalam konsetrasi yang tidak banyak pada pohon induk atau inang.
  • Setelah itu, kembali tempelkan paku tanduk rusa tersebut tanpa ada goyah di pohon inang tersebut.
  • Agar tanaman ini bisa tumbuh dnegan bik maka lepaskan ikatan segera setelah tanaman tersebut bisa menempel dengan baik.
  • Tanaman ini biasanya akan ada di dahan-dahan pohon atau bisa juga menggunakan media kayu yang bisa menjadi tempat penyokong hidup dari paku tanduk rusa ini.
  • Sebenarnya nama dari daun paku tanduk rusa ini memeng sesuai dengan bentuk morfologi dari tanaman ini. Karena memang memiliki bentuk yang mirip dengan tanduk rusa jika diteliti dengan seksama.
  • Karena tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan epifit sejati, dimana akar dari tanaman ini akan tetap melekat kuat di batang inangnya atau bahkan di bebatuan.
  • Batang yang dimilikinya adalah berbentuk rimpang yang tidak keras dan tidak sulit jika anda ingin memotongnya. Memiliki 2 jenis tipe daun yang mana tipe daun pertama adalah daun yangak dan steril dan tipe yang kedua adalah tipe daun yang menjuntai kebawah.

4. Proses Perawatan

Untuk masalah perawatan setelah penanaman daun paku tanduk rusa ini sebenarnya sangatlah sederhana dan tidak sulit. Berikut uraian perawatan harian:

  • Siram secara teratur, bahkan tidak lagi perlu disiram jika memasuki musim penghujan.
  • Anda hanya perlu memperhatikan kelembaban dari rimpangnya dimana kecantikan dari tanaman hias paku tanduk rusa ini bisa selalu dinikmati jika kelembaban terjaga dan ada di tempat teduh.
  • Paku tanduk rusa ini hanya memerlukan perawatan intensif ketika awal pembibitan dan awal penanamn ualng.
  • Jika pada 2 metode tersebut anda bisa melakukan yang terbaik maka paku tanduk rusa ini akan tumbuh dnegan baik tanpa perlu perawatan yang neko-neko lagi.

5. Proses Pemupukan

Untuk masalah pemupukan, paku tanduk rusa ini tidak jauh berbeda dengan cara budidaya tanaman hias euphorbia. berikut beberapa jenis dan metode pemupukan yang bisa anda gunakan:

  • Gunakan pupuk kandang karena ini adalah salah satu jenis pupuk yang pas dan ccok untuk semua jenis tumbuhan hias yang tumbuh di humus hutan, pasir dan tanah, karena ini merupakan pupuk alami yang tidka akan membuat pertumbuhan menjadi terganggu.
  • Gunakan juga jenis pupuk organik yang beredar luas dipasaran.
  • Selain menggunakan pupuk organik anda juga bisa menggunakan pupuk hayati dan pupuk anorganik.

6. Modifikasi Penanaman Paku Tanduk Rusa

Walaupun seperti yang kita ketahui bahwa biasanya tanaman hias ini akan tumbuh dan harus memerlukan tumbuhan inang. namun sekarang ada banyak modifikasi penanaman yang bisa anda gunakan untuk panduan penanaman dirumah. Bahkan ada yang berhasil menanam tanaman paku tanduk rusa ini di sela-sela pagar pekarangan rumah.

  • Caranya tidak sulit kok, anda hanya perlu menempelkan paku tanduk rusa ini ke daerah yang ingin anda jadikan “wadah” atau penyangga kehidupannya.
  • Asalkan anda tetap menempelkan akarnya dengan media tanaman yang baik seperti media akar pakis maka anda akan tetap berpotensi mengembangkan pertumbuhan dari tanaman paku tanduk rusa ini. Karena sebenarnya mereka tetap bisa hidup jika akar tetap ternutrisi.
  • Jadi jangan sampai lupa untuk meberikan nutrsi yang mereka butuhkan jika tidak menempelkannya pada tumbuhan inang. Nutrisi ini bisa didapatkan dari penyiraman yang teratur dan juga pemupukan teratur.
  • Jika anda menanamnya di terali atau di dinding rumah maka perhitan cuaca dan kebutuhan nutrisinya.
  • Jangan biarkan akar dari tanaman paku tanduk rusa ini membusuk karena terlalu banyak menampung air ketika musim penghujan.
  • Carilah tempat yang pas, tidak tergenangi air dan tidak terlalu panas.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam paku tanduk rusa tersebut. Menarik dan mudah bikan? Apakah anda tertarik untuk mencoba? Sialhkan coba metde sederhana ini, karena tanaman hias ini dapat dinikmati sebagai pelengkap hiasan dinding di teras rumah anda. Pastinya akan menjadi lebih menarik dan indah.

Baca juga :

10 Sep 2019
Karakteristik Taman Kota yang Bagus

Karakteristik Taman Kota yang Bagus

Karakteristik Taman Kota yang BagusKARAKTERISTIK TAMAN KOTA YANG BAGUS

Ciri Taman Kota – Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai manfaat dari taman di suatu kota. Sudah paham bukan apa saja fungsi dibuatnya taman kota. Nah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas apa saja ciri-ciri dari taman kota yang baik dan bagus. Mungkin bisa menjadikan Anda panduan saat membuat taman kota Anda.

Ciri Taman Kota yang Baik

Masalah yang terjadi oleh masyarakat kota saat ini yang pada dasarnya memiliki banyak rutinitas dan tingkat kejenuha yang semakin meningkat, maka perlu adanya suatu sarana atau tempat yang berfungsi untuk melepaskan rasa jenuh mereka. Sarana publik seperti tempat terbuka bisa membantu mereka untuk bersantai untuk melupakan permasalahan sejenak. Dalam hal ini, tempat terbuka yang dimaksud adalah taman kota.

Taman yang ditumbuhi berbagai macam tanaman yang memiliki warna yang berbeda, hamparan rumput hijau seperti karpet permadani yang dapat digunakan untuk duduk dan santai sejenak, kolam ikan yang bersih, air mancur yang indah, dan lainnya. Hal itu akan membuat masyarakat dapat menjadi tenang, nyaman, dan mengembalikan semangat untuk memulai rutinitas seperti biasanya.

Berdasarkan hal yang kami jelaskan diatas, kami akan menjelaskan tentang ciri taman kota yang baik. Beberapa negara maju yang sudah mengaplikasikannya dalam aspek arsitektural.

3 ciri taman kota tersebut yaitu :

  1. Lokasi taman kota yang strategis sehingga mudah diakses oleh seluruh masyarakat, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa hingga orang tua dan berbagai kalangan dari miskin sampai kaya.
  2. Seluruh fasilitas yang ada di taman kota tersebut bisa dimanfaatkan dan dinikmati oleh seluruh masyarakat.
  3. Mempunyai fungsi ekologi, sosial ekonomi, hidrologi dan kesehatan.
    • Taman dapat meningkatkan kandungan air dalam tanah, misalnya jumlah dan kualitas air tanah.
    • Dapat membangun suatu populasi hewan, misalnya burung.
    • Menurunkan tingkat pencemaran udara.
    • Meningkatkan pendapatan masyarakat.
    • Menambah jumlah wisatawan yang berkunjung.
    • Konservasi tempat peninggalan sejarah.

Sudah banyak kota – kota besar di Indonesia yang memiliki ciri taman kota yang baik, sehingga menjadi tempat favorit masyarakat kota. Sehingga diharapkan masyarakat memiliki kenyamanan ketika menikmati dan menggunakan fasilitas pada taman kota. Jadi apakah ciri taman kota tersebut sudah ada di taman kota Anda?

Baca juga :

10 Sep 2019
Manfaat Taman Kota

Kenali Fungsi Taman Kota

Manfaat Taman KotaKENALI FUNGSI TAMAN KOTA

Taman Kota – Disetiap kota akan ada taman yang berfungsi untuk mempercantik kota tersebut. Nah sering kita ketahui juga bahwa hal ini sering kita sebut dengan taman kota. Taman kota ini terletak di tengah kota yang memiliki banyak fungsi dan manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat taman kota yang perlu kita semua ketahui

MANFAAT SERTA PENTINGNYA KEBERADAAN TAMAN KOTA

Taman kota merupakan faktor penting dalam sebuah penataan kota. Bisa dianggap taman sebagai penyeimbang dari aktifitas kota yang padat dan sibuk. Di taman kita bisa bertemu dengan warga kota yang lain, dan sedikit melepas penat dan lelah dari keseharian kita. Berikut beberapa manfaat taman kota yang dapat langsung kita rasakan.

  • Sebagai Penghijauan Kota

manfaat taman kota

Taman bisa menjadi pusat penghijauan, agar kota tetap bisa bernafas dari tingginya tingkat polusi dan radikal bebas.sehingga dengan penghijauan taman bisa menjadi paru-paru kota. Di tengah banyaknya gedung-gedung tinggi yang menjulang, taman kota bisa menjadi oase tersendiri bagi warganya yang ingin melepas lelah.

  • Sebagai Tempat Rekreasi

manfaat taman kota

Taman kota bisa menjadi tempat rekreasi bagi warganya yang tidak ingin pergi jauh-jauh dari kotanya. Pada waktu akhir pekan, biasanya taman kota akan ramai dikunjungi oleh warga sekitarnya. Karena taman kota bisa menjadi alternatif wisata yang murah meriah. Dan warga nya pun menjadi bahagia.

  • Mencegah

    Banjir

manfaat taman kota

Selain sebagai pusat penghijauan dan paru-paru kota, taman kota tentu saja bermanfaat saat musim penghujan tiba. Taman bisa menjadi tempat penyimpanan dan penyerapan air hujan. Sehingga air tidak akan langsung terbuang ke sungai atau selokan, tetapi diserap terlebih dahulu oleh tumbuh-tumbuhan dan pepohonan di taman tersebut.

  • Sebagai Media Pembelajaran Anak

manfaat taman kota

Taman bisa menjadi media pembelajaran anak untuk belajar mengenal macam-macam tumbuhan, beserta sifatnya. Apalagi jika di taman tersebut juga dipelihara beberapa satwa seperti burung, kelinci, ikan, dan lain sebagainya. Anak juga akan belajar mengenai ekosistem yang ada di kehidupan.

  • Sebagai Tempat Bersosialisasi

manfaat taman kota

Taman kota bisa menjadi tempat untuk bersosialisasi bagi seluruh warganya. Dengan adanya taman kota, mereka bisa saling bertemu, bertegur sapa, serta berinteraksi satu sama lain. Sehingga rasa sosial antara satu dengan yang lainnya akan semakin tinggi. Mengingat warga kota cenderung dikenal sebagai makhluk individualisme.

  • Sebagai Landmark Sebuah Kota

manfaat taman kota

Taman kota bisa dijadikan landmark dan kebanggan sebuah kota. Akan menjadi daya tarik tersendiri apabila taman tersebut dikelola dengan baik oleh pemerintah. Sehingga manfaat-manfaat tersebut di atas dapat difungsikan sedemikian rupa bahkan menarik minat pendatang/wisatawan untuk datang ke kota tersebut.

Menumbuhkan rasa toleransi tidak hanya kepada sesama manusia, tapi bisa juga terhadap semua makhluk hidup. Taman kota yang baik, merupakan cerminan kota dengan warga nya yang baik pula. Sehingga manfaat taman kota akan lebih terasa apabila warga nya juga ikut menjaga apa yang sudah diberikan oleh pemerintah kota.

Baca juga :

07 Sep 2019
Cara Menanam Bunga Jengger Ayam

Cara Menanam Bunga Jengger Ayam

CARA MENANAM BUNGA JENGGER AYAM

Menanam Bunga Jengger Ayam – Pernahkah Anda mendengar istilah tanaman jengger ayam? Betul sekali, tanaman jengger ayam ini biasa disebut dengan istilah jembel ayam yang tumbuh liar. Namun seiring dengan perkembangan jaman, tanaman jengger ayam ini mulai dibudidayakan. Dan sudah banyak orang menanam untuk taman di rumahnya.

Cara Budidaya Bunga Jengger Ayam

Dinamakan demikian karena bentuk bunganya mirip dengan jengger ayam dengan warna merah darah. Warna dan bentuk bunganya lah yang membuat bunga ini banyak di minati untuk melengkapi keindahan tanam di rumah. Tanaman ini juga sangat mudah tumbuh meskipun dalam kondisi lahan yang tidak menguntungkan. Bunganya yang cukup cantik dengan warna yang mencolok juga cocok di tanam sebagai bunga dalam pot.

Bunga dengan nama latin Celosia cristata ini juga termasuk family bayam bayaman. Bunga jengger ayam merupakan tanaman semusim, yang hanya dapat hidup mencapai usia 1 tahun. Tanaman ini sangat baik tumbuh pada daerah dengan ketinggian diatas 1000 mdpl. Pertumbuhan tinggi batangnya bisa mencapai 60-90 cm seperti juga cara menanam bunga cornflower.

Tanaman ini dapat diperbanyak melalui biji yang dihasilkan oleh buah yang menyatu dengan bunga. Buahnya berwarna merah kehijauan dan akan retak sewaktu masak. Biji tanaman sendiri betwarna hitam dan berukuran kecil. Anda bisa menanamnya di pekarangan rumah, dan saat bunganya berbunga serempak maka akan sangat indah untuk dinikmati.

Tidak harus memiliki keahlian khusus, karena tanaman ini sangat mudah di tanam dan dipelihara serta tidak perlu perlakuan khusus cukup lakukan seperti pada tanaman hias lain pada umumnya. Jika anda tertarik menambahkannya sebagai bagian dari koleksi taaman hias anda, berikut kami telah merangkum 6 cara menanam bunga jengger ayam di pekarangan rumah. Simak selengkapnya.

1. Menyiapkan Lahan Tanam

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah terlebih dahulu menyiapkan lahan tanam sama seperti cara menanam bunga cosmos . Agar tanah bersifat netral maka minimal lahan tanam disipkan 1 minggu sebelum tanam. Untuk memudahkan pengolahan tanah, maka dibuatkan lahan tanam bedengan.

2. Membeli Bibit Tanaman Bunga Jengger Ayam 

Seperti yang telah di jelaskan tadi bahwa bunga jengger ayam dapat di tanam melalui biji berbeda dengan cara menanam bunga calla lily . Untuk mendapatkan bijinya anda harus memiliki tanaman indukan.

Namun, tentu saja anda bisa mencari cara yang lebih mudah. Benih bunga jengger ayam sudah banyak di jual di toko bibit tanaman hias. Atau jika ingin lebih praktis maka anda bisa membelinya melalui situs online yang bisa kita temukan di internet.

Tentu saja anda harus membelinya di situs dan penjual yang terpercaya. Jangan sungkan untuk menanyakan informasi lengkap mengenai benih yang akan anda beli. Karena jangan sampai saat sudah di beli malah, kita merasa tertipu karena tidak menanyakan dengan detail informasi mengenai benih. Untuk menjaga kualitas dan daya tumbuh benih, sebaiknya simpan benih di tempat yang sejuk dan tidak terkena cahaya matahari langsung.

3. Menanam Bibit Di Lahan

Setelah benih siap, maka tahap selanjutnya adalah melakukan penanam di lahan seperti pada cara menanam bunga dandelion . Untuk mempermudah, anda bisa langsung menanam biji ke dalam bedengan. Mengingat umur tanaman ini pendek maka melakukan persemaian akan sedikit memperlama waktu tanam.

4. Penjarangan Tanaman

Setelah 2 minggu maka tanaman akan mulai tumbuh dengan 3-4 helai daun sejatinya. Pada saat ini, anda harus melakukan penjarangan tanaman, agar tanaman dapat memiliki pertumbuhan yang optimal seperti pada cara menanam bunga balsam.

Lakukan penjarangan pada tanaman yang tumbuh terlampau rapat, berdekatan dan bertumpuk. Pindahkan pada bedengan dengan jarak yang ideal. Penjarangan ini dimaksudkan agar tidak terjadi perebutan unsur hara antar tanaman. Perebutan ini tentu akan menyebabkan tanaman yang kalah akan mengalami pertumbuhan yang lambat dan kalah dibandingkan yang lainnya. Tentu saja hal ini akan berdampak pada masa berbunga yang tidak serempak.

5. Perawatan dan Pemeliharaan

Pemeliharaan dan perawatan dilakukan agar tanaman dapat tetap tumbuh dan pada akhirnya dapt menghasilkan bunga. Pemeliharaan pada tanaman ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tanaman hias lainnya seperti pada cara menanam mawar hitam dari biji . Ada beberapa hal perlu anda perhatikan antara lain sebagai berikut :

  • Penyiraman

Penyiraman dilakukan secara rutin minimal sehari 2 kali sejak tanaman muda. Kemudian saat tanaman sudah mulai dapat tumbuh dengan baik, maka penyiraman dapat di kurangi dan di sesuaikan dengan kondisi tanaman dan lahan tanam. Pada musin hujan sebaiknya anda tidak perlu melakukan penyiraman. Cukup buat saluran irigasi sebaik mungkin agar tidak ada air yang menggenang di bedengan yang dapat menyebabkan akar tanaman membusuk.

  • Pembumbunan

Untuk pembumbunan harus di lakukan secara rutin setiap 2 minggu sekali. Pembumbunan dilakukan agar akar tanaman lebih kuat mencengkerang tanah, sehingga tanaman tida mudah rebah. Apalagi jika sampai akan tanaman muncul kepermukaan tanah, maka akan bisa berdampak pada pertumbuhan tanaman.

  • Penyiangan

Untuk penyiangan anda bisa melakukannya berbarengan dengan pembumbunan. Penyiangan dilakukan untuk mematikan pertumbuhan gulma di sekitar tanaman. Sehingga tidak ada persaingan perebutan hara antara tanaman dan gulma.

  • Pemupukan

Untuk pemupukan sendiri anda cukup menggunakan pupuk kandang yang di tambahkan kedalam bedengan. Tidak perlu menambahkan pupuk anorganik lain. Karena pada dasarnya tidak di pupukpun tanaman ini dapat tumbuh dengan baik.

  • Pemangkasan Daun Tanaman

Pemangkasan ini dilakukan jika kondisi daun tanaman terlalu rimbun. Maka tentu perlu dilakukan penjarangan agar hara tanaman tidak digunakan untuk pertumbuhan daun tanaman saja melainkan untuk menghasilkan bunga dengan cepat. Lakukan pemangkasan pada musim kemarau saja, selain mengurangi penguapan, cara ini dapat menghindari bekas luka pangkasan di serang cendawan atau bakteri berbahaya.

  • Penanggulangan HPT

Hama dan penyakit tanaman sangat jarang ditemukan pada tanaman ini. Meskipun tahan terhadap serangan tentunya kita tetap harus berjaga jaga. Untuk itu anda bisa melakukan penyemprotan pestisida setiap 3 bulan sekali. Dengan menjaga kebersihan lahan dan sanitasi lingkungan, maka hama dan penyakit tidak akan mendekati tanaman ini.

Baca juga : 

 

 

07 Sep 2019
Panduan Menanam Rumput Jepang Untuk Taman Rumah

Panduan Menanam Rumput Jepang Untuk Taman Rumah

Panduan Menanam Rumput Jepang Untuk Taman RumahPANDUAN MENANAM RUMPUT JEPANG UNTUK TAMAN RUMAH

Menanam Rumput Jepang – Untuk pendukung indahnya taman rumah Anda adalah bisa menggunakan rumput jepang. Rumput jepang ini berfungsi sebagai pemberi kesan hijau atau asri pada taman, selain itu juga sebagai penyerap genanngan air di taman Anda. Ingin punya rumput jepang di taman Anda. Anda bisa menanam rumput jepang dengan cara berikut ini.

Cara Menanam Rumput Jepang

Meskipun memiliki nama rumput jepang, tanaman ini bukan berasal dari negeri sakura tersebut. Seperti jambu berukuran besar dinamakan dengan jambu bangkok, kamboja mini di namakan dengan kamboja jepang. Pemberian nama ini lebih kepada kebiasan orang indonesia dalam membedakan jenis tanaman berdasarkan ukurannya sehingga mudah diingat seperti juga pada cara menanam sunflower velvet queen.  Jika pada umumnya rumput memiliki ukuran yang panjang-panjang, maka rumput jepang ini berukuran pendek dengan tekstur yang kasar. Inilah yang membuat rumput ini dipilih sebagai rumput taman.

Rumput ini juga di kenal dengan sebutan rumput jarum. Hal ini karena bentuk ujung rumput yang meruncing. Kadang kita tidak akan merasa nyaman saat duduk diatasnya, karena jika terkena permukaan kulit akan terasa sedikit sakit seperti tertusuk jarum. Menanam rumput jepang bisa di katakan gampang-gampang susah, ada beberapa tahapan perawatan yang tidak boleh anda lewatkan seperti juga pada cara menanam bunga seruni . Untuk mendapatkan hasil pertumbuhan rumput yang baik, berikut 5 cara menanam rumput jepang agar tumbuh dengan baik. Simak selengkapnya.

1.Memilih Bibit Tanaman Rumput Jepang

Seperti pada cara menanam tanaman hias lainnya yakni cara menanam bunga pucuk merah  tahap awal yang utama adalah memilih bibit rumput jepang. Biasanya bibit di jual permeter atau dalam bentuk bongkahan sehingga untuk menanamnya anda harus memisahkan tanaman sedikit demi sedikit.

Nah, tentunya bibit rumput jepang yang baik memiliki kriteria seperti di bawah ini :

  • Pilih bibit tanaman yang berwarna hijau segar.
  • Bibit tumbuh prima, tidak terserang hama dan penyakit serta sehat dan kokoh.
  • Tekstur rumput keras dan tidak layu.
  • Kemudian pisahkan rumput menjadi beberapa kelompok kecil-kecil.
  • Pastikan saat memisahkan, bagian akar tanaman ikut terpisah.
  • Tanaman ini tidak akan dapat tumbuh tanpa adanya akar, sehingga pastikan akar tanaman ikut saat akan ditanam.

2. Mengolah Lahan Tanam

Pengolahan lahan tanam dilakukam minimal 10 hari sebelum penanaman simak juga cara menanam anggrek dengan sabut kelapa . Tanaman ini membutuhkan lahan tanam yang gembur dan subur. Karenanya pengolahan lahan dapat di lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Gemburkan lahan, dengan cara mencangkulnya dengan kedalaman yang cukup.
  • Kemudian ratakan permukaan tanah yang di cangkul hingga merata.
  • Bersihkan sisa-sisa rumput dan batu yang masih terlihat.
  • Jika masih di rasa kurang gembur anda dapat menggemburkannya menggunakan garpu.
  • Setelah di rasa gembur tahap selanjutnya adalah menaburkan pupuk kandang di permukaan lahan.
  • Rasio perbandingan pupuk kandang yang di gunakan ialah 2:5, dimana setiap 1 meter persegi di taburi sebanyak 2,5 kg pupuk kandang.
  • Setelah pupuk kandamg di sebar dengan merata, sebaiknya lahan di siram agar pupuk meresap kedalam tanah.
  • Kemudian biarkan selama 5-7 hari, baru kemudian dapat di lakukan penanaman.

3. Menanam Rumput Jepang Di Lahan

Setelah bibit dan lahan tanam siap, maka langkah selanjutnya ialah melakukan penanaman rumput jepang di lahan seperti pada cara budidaya bunga anyelir . Penanaman dapat dilakukan dengan cara seperti di bawah ini :

  • Sebelum di taman binit yang telah dipisahkan sebaiknya disiram dahulu untuk menghilangkan kotoran yang melekat.
  • Waktu penanaman barus di lakukan di saat sore hari menjelang malam.
  • Dengan demikian maka rumout akan memiliki waktu yang cukup untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru.
  • Jika di tanam pada pagi hari maka tanaman akan terbakar karena paparan sinar matahari.
  • Penanaman dilakukan dengan membuat lubang tanam dengan jarak rapat 10×10 cm.
  • Tanamkan bibit kedalam lubang tanam, kemudian tutup kembali lubang tanam dan ratakan.
  • Setelahnya siram menggunakan air bersih secukupnya.
  • Sebaiknya penyiraman dilakukan menggunakan gembor atau selang.
  • Penyiraman dilakukan secara rutin terutama pada saat awal penanaman.

4. Perawatan dan Pemeliharaan 

Dalam menanam rumput jepang tahapan paling krusial adalah terletak pada perawatan dan pemeliharaaan seperti juga pada cara menanam bunga jengger ayam. Karena jika tidak dilakukan secara intensif, jangan harap tanaman yang anda tanam akan tumbuh dengan baik. Maka dari itu kita harus merawat tanaman dengan sebaik-baiknya agar bagus seperti yang kita inginkan. Selain itu perawatan harus rajin di lakukan agar menjadi rumput yang indah dan enak dipandang mata. Berikut pemeliharaan dan perawatan yang wajib anda lakukan, antara lain sebagai berikut :

  • Penyiraman

Penyiraman harus di lakukan seintensif mungkin terutama pada saat tanaman masih pada awal tahap penanaman. Penyiraman akan membantu akar tanaman untuk lebih menengkeram tanah. Idealnya penyiraman dilakukan 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari. Gunakan air bersih dan siram menggunakan selang atau gembir agar tidak merusak akar tanaman.

  • Pemupukan

Pemupukan dilakukan sebanyak dua kali yakni pada saat tanaman berumur 2 minggu setelah tanam dan pada saat umur 1,5 bulan setelah tanam. Pupuk yang di berikan adalah berupa pupuk ureo dengan dosis 1/2 kg untuk laham 10 meter persegi yang di berikan pada umur 2 mst. Sedangakan pada umur 1,5 bulan setelah tanam pupuk yang di berikan ialah pupuk TSP dengan dosis yang sama dengan yang di berikan pada pemupukan awal. Sebarkan secara merata pupuk yang di berikan pada lahan tanam.

  • Penyiangan

Penyiangan dilakukan dengam cara mencabut gulma, atau rumput liar yang tumbuj di lahan tanam. Hal ini dilakukam agar tanaman rumput jepang dapat tumbuh seragam. Selain itu, lakukan juga pengusiran terhadap serangga yang bisa merusak daun rumput jepang anda. Tidak perlu menyiramkan pestisida. Cukup dengan menjaga lingkungan dan sanitasi lahan dengan bersih, maka gulma liar dan serangga tidak akan datang menganggu.

  • Pemangkasan 

Pada saat tanaman berumur 3 bulan setelah tanam, sebaiknya perlu di lakukan pemangkasan. Agar akar tanaman tetap dapat terkena sinar matahari. Sehingga warna daun tanaman akan tetap hijau. Jika anda tidak melakukan pemangkasan, maka tanaman makin lama akan terlihat kuning kemudian kecoklatan dan dapat mengalami kematian. Pemangkasan ini merupakam hal yang harus rutin di lakukan. Untuk mendapatkan rumput jepang yang tetap berwarna hijau cerah.

5. Tampilan Rumput Jepang Anda Semakin Asri

Pada saat berumur 5 bulan setelah tanam, maka rumput akan tumbuh rata dan memenuhi lahan tanam anda. Tentu saja pemandangan ini akan sangat indah untuk di saksikan seperti juga cara menanam bunga forget me not . Setelahnya tentu tidak berhenti sampai dengan disitu saja. Justru perawatan dan pemeliharaan harus di lakukam dengan lebih intensif agar dapat memperoleh pertumbuhan tanaman yang kian optimal.

5 cara menanm rumput jepang agar tumbuh dengan baik. Tentu dapat menjadi referensi bagi anda untuk dapat membudidayakan tanam yang satu ini. Selain itu, semakin meningkatnya permintaan jenis tumput ini, tentu dapat menjadi peluang bagi anda untuk dapat mengusahakannya. Selain tampilan tanam anda semakin indah, hijau dan asri, tentunya anda juga bisa ikut meraup keuntungan dari rumput yang satu ini. Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca juga :

07 Sep 2019
Panduan Merapikan Rumput Taman

Panduan Merapikan Rumput Taman

Panduan Merapikan Rumput TamanPANDUAN MERAPIKAN RUMPUT TAMAN

Merapikan Rumput Taman – Rumah yang dilengkapi dengan taman, akan terkesan lebih rindang dan sejuk. Namun kesan tersebut bisa hilang karena kesalahan kita tidak memperhatikan beberapa cara untuk merawat rumput. Salah satunya adalah dengan merapikan rumput taman dengan alat pemotong rumput.

Merawat Halaman Bisa Dilakukan Salah Satunya dengan Memangkas Rumput Liar

Sumber gambar www.rd.com

Seperti pakaian, halaman rumah merupakan bagian penting dari outfit sebuah rumah. Pakaian yang indah dan serasi akan membuat pemakainya tampak charming dan elegan, begitu pula dengan halaman rumah. Halaman rumah yang tertata rapi akan membuat rumah tampak sedap dipandang dan asri.

Satu kunci memiliki halaman yang indah adalah perawatan dan pemeliharaan yang teratur. Satu bagian yang tidak boleh Anda lewatkan adalah memangkas rumput liar (juga secara teratur). Tanpa ada perawatan, rumput liar akan membuat halaman rumah tampak kotor dan tidak terurus, selain itu rumput juga mengganggu penyerapan unsur hara tanaman atau bunga-bunga kesayangan Anda.

Anda bisa melakukannya secara manual dengan sabit atau cangkul. Jika ingin praktis, ada banyak pilihan mesin potong rumput yang bisa Anda dapatkan.

Tips Memilih Mesin Pemotong Rumput Terbaik untuk Anda

Pilih Jenis Mesin Pemotong Rumput yang Sesuai dengan Kebutuhan

Sumber gambar www.sashwindows.info

Ada berbagai jenis mesin pemotong rumput. Anda mungkin menjumpai mesin pemotong rumput gendong, sering digunakan petugas kebersihan di pinggir jalan. Ada pula pemotong rumput dorong, untuk halaman rumput yang lumayan luas. Untuk halaman yang sangat luas, ada pemotong rumput mobile yang bisa dinaiki oleh operatornya.

So, jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli mesin pemotong rumput, cobalah untuk mempertimbangkan luas halaman yang akan Anda potong.

Jika halaman rumput Anda tidak terlalu luas, namun terlalu menyita tenaga untuk ditangani secara manual, gunakan mesin potong gendong atau dorong. Halaman rumput yang jauh lebih luas, misalkan seukuran lapangan bola, mungkin Anda perlu pemotong rumput tipe mobile.

Membeli Mesin Pemotong Rumput yang Menyediakan Garansi Resmi

Sumber gambar themodernfirm.com

Ada berbagai merek mesin pemotong rumput yang ada di pasaran. Anda bisa pilih buatan Jepang, Tiongkok, atau pun merek-merek lokal. Buatan Jepang umumnya memiliki kualitas premium. Harganya tentu saja juga premium.

Sementara itu produk dari merek-merek asal Tiongkok dan lokal memiliki harga yang lebih murah dibanding dengan bmerek Jepang. Jika Anda tidak picky, produk lokal atau Tiongkok juga bisa menjadi andalan. Namun begitu, pastikan setiap produk yang Anda selalu memiliki garansi resmi.

Merek yang memberi garansi tentunya telah menjamin kualitas produk yang bagus. Anda pun akan mendapat ketenangan dalam menggunakannya.

Pilih Pisau pada Mesin Pemotong Rumput yang Sesuai dengan Jenis Rumput rumah Anda

Sumber gambar www.alibaba.com

Setelah memilih mesin potong rumput yang Anda inginkan, pertimbangan selanjutnya terkait dengan tipe pisau yang sesuai dengan kondisi rumput atau tanaman pada halaman Anda. Untuk mesin pemotong rumput tipe dorong, hanya ada satu tipe pisau potong.

Namun, misalkan Anda memilih pemotong rumput tipe gendong, ada setidaknya tiga tipe pisau yang bisa dipilih. Anda bisa memilih pisau tipe palang jika ingin memotong rerumputan berukuran besar macam rumput gajah atau alang-alang.

Untuk memotong semak belukar, gunakan pisau bulat yang memiliki gigi 8. Sementara itu jika halaman Anda penuh dengan tumbuhan yang luamayan besar, gunakan pisau bulat 80 gigi.

powered by AdSparc
Back to top

Inilah 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput untuk Halaman yang Rapi dan Cantik

MATRIX Mesin Potong Rumput Gendong Brush Cutter 2 Tak BG-328

Sumber gambar www.bukalapak.com

Pilihan pertama untuk halaman rumah yang rapi adalah MATRIX Mesin Potong Rumput Gendong Brush Cutter 2 Tak BG-328. Pemotong rumput ini sangat praktis digunakan.

Menggunakan mesin mini tipe 2 tak 30,5 cc, MATRIX gampang digendong dan mudah dinyalakan (memakai starter tipe recoil). Mesin ini menggunakan bensin campur (perbandingan 25:1), dengan kapasitas tangki 1.2 liter.

Perawatannya mudah. Jika tidak digunakan harap dipanaskan secara teratur. Jangan lupa pula untuk mengganti olinya secara teratur. Anda bisa mendapatkan pemotong rumput berkekuatan maksimum 0.81/6000 ini di bukalapak.com dengan harga Rp 935.000.

Oseru BG-328T Mesin Pemotong / Potong Rumput 2 Tak

Sumber gambar www.lazada.co.id

Bagi Anda yang mencari pemotong rumput segala medan, pertimbangkan Oseru BG-328T Mesin Pemotong/Potong Rumput 2 Tak. Mesin pemotong rumput ini bisa Anda gunakan hampir pada semua medan, seperti medan datar, miring, atau medan berbatu.

Produk ini menggunakan mesin 30.5 cc 2 tak, dengan silinder tunggal berpendingin udara. Bahan bakarnya bensin campur (perbandingan 1:25) dengan daya maksimum 0.81 kw/6000 rpm. Pemotong ini memiliki kapasitas bensin 1,2 liter. Semua spare part-nya dibuat dari bahan kualitas tinggi. Anda bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp 960.969 di Lazada.

MOLLAR Mesin Potong Rumput Listrik GT 016

Sumber gambar www.bukalapak.com

Penggemar suasana damai akan menyukai MOLLAR Mesin Potong Rumput Listrik GT 016. Tidak seperti produk-produk sebelumnya, pemotong rumput ini menggunakan tenaga listrik, sehingga lebih senyap. Anda juga tidak terlalu repot memikirkan bahan bakar atau pemeliharaannya, enteng, mudah penggunaannya, sehingga sangat cocok untuk rumah tangga.

Untuk halaman sekitar 15 m persegi, Anda hanya perlu sekitar 10 menit memotong rumputnya. Produk ini tidak memakai pisau, namun dengan senar (jika rusak, Anda tinggal ganti dengan senar raket tenis). Anda bisa mendapatkan produk berteknologi Jerman ini di lazada.co.id dengan harga Rp 760.000.

Multipro Brushcutter / Mesin Potong Rumput BC 328/2BP

Sumber gambar www.bukalapak.com

Mungkin Anda sering kesal menggunakan mesin pemotong rumput karena sistem recoil berat, sukar untuk ditarik dan dihidupkan. Sekarang Anda bisa mendapatkan solusinya, sebuah Multipro Brushcutter/Mesin Potong Rumput BC 328/2BP.

Selain enteng dan mudah dihidupkan, mesin ini juga lebih powerful serta hemat bahan bakar. Pemotong rumput ini menggunakan mesin jenis 2-tak 30.5cc, menggunakan bensin campur. Multipro brushcutter bukan hanya memotong rumput, anda bisa menggunakannya untuk memotong semak-semak.

Ada garansi 1 tahun untuk produk ini. Anda bisa mendapatkannya di bukalapak.com dengan harga Rp 1.149.000.

Black & Decker GL4525 Mesin Potong Rumput

Sumber gambar www.lazada.co.id

Black & Decker adalah nama top, jika Anda suka berkebun dan ingin selalu mendapatkan produk-produk pertamanan yang hebat. Kali ini perusahaan Stanley Black & Decker membawa produk mesin potong rumput elektrik Black & Decker GL4525 Mesin Potong Rumput.

Pemotong rumput ini memiliki desain sangat ergonomis, sehingga selalu nyaman digunakan. Sistem pemotongnya senar (bukan pisau), mudah digunakan dan diganti. Mesin ini cocok untuk memotong rumput pada halaman sempit hingga sedang. Anda bisa mendapatkan produk yang memakan daya 450W ini di lazada.co.id dengan harga Rp 1.100.000.

Sumura Brush Cutter – Mesin Potong Rumput Gendong SUM-328

Sumber gambar www.bukalapak.com

Pilihan lain untuk mesin pemotong rumput Anda adalah Sumura Brush Cutter-Mesin Potong Rumput Gendong SUM-328. Mesin pemotong rumput berteknologi Jepang ini sudah pasti memiliki kualitas yang terjamin. Ada garansi 12 bulan untuk produk ini.

Pemotong rumput ini dibekali mesin 30.5 cc dengan bensin campur yang menghasilkan tenaga hingga 1.8 HP 7000 rpm. Sistem recoil-nya enteng, sehingga Anda mudah menghidupkannya. Perawatannya mudah, cukup panaskan secara teratur dan selalu ganti pisaunya dengan mata pisau yang sesuai. Anda bisa mendapatkannya di bukalapak.com dengan harga Rp 949.000.

STIHL Mesin Potong Rumput / Brush cutter FR 3001

Sumber gambar www.lazada.co.id

Satu brand top untuk urusan potong-memotong adalah Stihl. Kali ini brand legendaris ini menghadirkan produk pemotong rumput STIHL Mesin Potong Rumput / Brush cutter FR 3001. Mesin potong berkualitas ekspor ini sangat irit bahan bakar, dengan mesin 30,5 cc 2 tak, berbahan bakar bensin campur.

Produk ini minim getaran dan hening, sehingga Anda bisa memotong rumput dengan tenang. Dalam setiap paket sudah termasuk kit pemeliharaan yang handy. Anda bisa mendapatkan produk ini di lazada.co.id dengan harga Rp 1.875.000.

Ichikawa Mesin Pemotong Rumput Gendong BG 328

Sumber gambar www.bukalapak.com

Jika Anda suka dengan kualitas teknologi Jepang, mungkin Anda perlu memilih Ichikawa Mesin Pemotong Rumput Gendong BG 328. Pemotong rumput ini menggunakan mesin 30,5 cc 2 tak dengan bensin campur, sistem pengapiannya memakai IC Ignition jenis Solid State yang tangguh dan bebas perawatan.

Kapasitas bensinya 1,2 liter. Perawatannya mudah, lakukan pemanasan secara teratur jika jarang digunakan. Anda juga diharapkan menservis bagian mesin (piston, sistem pengapian) setidaknya setiap 6 bulan sekali. Dapatkan produk ini di bukalapak.com dengan harga Rp 999.000.

Vanda Mesin Pemotong Rumput Gendong / Brush cutter BG 328

Sumber gambar www.lazada.co.id

Vanda Brush cutter BG 328 juga akan menjadi pilihan yang menarik, jika Anda sedang mencari mesin pemotong rumput yang tangguh namun terjangkau. Mesin pemotong jenis gendong ini menggunakan mesin 2 tak berkapasitas 30,5cc dengan mesin bensin campur (kapasitas bensin 1.2 liter).

Sistem starter-nya secara recoil, sementara pengapiannya menggunakan IC. Mesin ini cocok untuk halaman luas atau sempit, dengan berbagai jenis rumput atau bahkan semak. Anda bisa mendapatkan mesin pemotong ini di lazada.co.id dengan harga Rp 999.900.

Sway Mini Trim Strimmer With EasyEdge Zip

Sumber gambar sungeimarket.net

Untuk merawat kebun secara praktis dan nyaman, Anda perlu alat yang praktis dan nyaman pula. Produk Sway Mini Trim Strimmer With EasyEdge Zip. Produk ini adalah pemotong rumput listrik jenis portable. Tidak ada kabel dari PLN, karena menggunakan 3 baterai ukuran AA.

Untuk kenyamanan dan keamanan Anda, produk ini juga dilengkapi pelindung. Untuk menjangkau sudut-sudut yang tak terjangkau, ada tongkat ekstensi dalam satu paket penjualannya. Anda bisa menggunakan produk ini untuk memotong rumput atau bisa pula untuk merapikan daun-daun tanaman kebun Anda. Produk ini bisa Anda dapatkan di sungeimarket.net dengan harga sekitar Rp 212 ribu.

Baca juga :

07 Sep 2019
Faktor Penyebab Rumput Menguning

Faktor Penyebab Rumput Menguning

Faktor Penyebab Rumput MenguningFAKTOR PENYEBAB RUMPUT MENGUNING

Penyebab Rumput MenguningRumput merupakan salah satu komponen untuk taman kita di rumah. Namun tidak sedikit orang beranggapan bahwa rumput merupakan tanaman liar yang dapat merusak taman kita. Namun hal itu ditampikkan oleh terdapatnya beberapa jenis rumput yang justru malah memperindah taman rumah kita. Akan tetapi, jika kita tidak memperhatikan dalam perawatannya dengan benar. Rumput akan beresiko menguning.

Penyebab Rumput Menguning

Cuaca panas dan kurang penyiraman sering dijadikan alasan untuk kondisi tersebut. Tapi tahukah Anda bila tidak selamanya cuaca dan penyiraman memengaruhi tanaman? Melansir Mirror, Selasa (24/7/2018), inilah sederet penyebab rumput menjadi kuning dan kering:

Panas

Cuaca panas memang dapat mengeringkan halaman dan membuat rumput menguning. Akan tetapi itu semua tergantung pada jenis rumput yang ditanam dan besaran temperatur udara. Untuk memperbaikinya, lakukanlah penyiraman lebih banyak air. Usahakan untuk melakukannya di pagi hari guna mengurangi jumlah air yang menguap ketika cuaca panas.

Selain itu, perhatikan jenis tanah yang ditumbuhi rumput. Sebagai contoh, tanah berpasir membutuhkan lebih banyak penyiraman. Jangan pula terlalu sering menyiram rumput. Sekali atau dua kali seminggu sudah cukup.

 (Baca Juga : Cara Memotong Rumput Taman )

Menyiram rumput terlalu sering membuatnya mengembangkan akar yang dangkal. Hal ini membuat rumput cepat menguning bila tanah menjadi lebih kering. Selain itu, saat tanah terlalu basah karena disiram banyak air, maka akar rumput tidak akan mendapatkan oksigen dan kemudian mati. Siramlah rumput secara menyeluruh tapi jarang.

Tanah kurang subur

Jika tanah di halaman kurang bernutrisi seperti kekurangan besi dan nitrogen, maka rumput bisa cepat menguning. Cara memperbaikinya adalah melakukan pemupukan. Gunakan alat uji tanah untuk melihat kondisi yang sebenarnya.

Terlalu banyak menggunakan pupuk

Pupuk yang terlalu banyak dapat menyebabkan rumput menjadi gosong dan kerusakan lebih dari sekadar kesuburan. Nitrogen dalam pupuk diperlukan untuk pertumbuhan rumput yang sehat, tetapi terlalu banyak akan membakar akar dan mengubah pH di dalam tanah. Gunakan pupuk seperlunya dan tambahkan perawatan dengan penyiraman yang benar.

 (Baca Juga : Cara Memilih Rumput Untuk Taman)

Terkena urin binatang

Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing yang mengencingi rumput dapat membuatnya menguning. Urin mengandung nitrogen yang membakar rumput, sama halnya dengan pemupukan berlebihan. Latihlah hewan peliharaan untuk buang air kecil di tempat yang disediakan.

Kena tumpahan bensin

Berhati-hatilah saat menggunakan mesin pemotong rumput. Sebab apabila bensinnya menumpahi rumput, maka dapat merusaknya secara serius dan bahkan membuatnya mati. Bila rumput terkena bensin, segeralah siram dengan air, tapi jangan terlalu banyak. Untuk amannya, galilah rumput dan tanah yang ketumpahan bensin lalu dibuang guna mengamankan area lain.

Tanah yang terlalu padat

Jika rumput berubah warna di dekat tempat banyak orang yang berjalan di atasnya, maka mungkin tanah di bawahnya terlalu padat. Hal ini membuat air tidak bisa sampai ke akar, sehingga rumput akan mengering. Untuk mengatasinya, doronglah tanah secara berkala dengan garpu taman agar akar rumput mendapatkan aliran air juga.

Memotong rumput terlalu pendek

Permukaan tanah yang tidak rata kadang membuat rumput dipotong terlalu pendek. Hal ini dapat membuat tingkat kelembapan rumput berkurang dan pada akhirnya mulai menguning. Untuk mengatasinya, berilah rumput cukup air untuk tumbuh dan biarkan sedikit lebih lama.

Baca juga :

07 Sep 2019
Cara Memotong Rumput Taman

Cara Memotong Rumput Taman

Cara Memotong Rumput TamanCARA MEMOTONG RUMPUT TAMAN

Memotong Rumput Taman – Punyakah Anda taman di rumah Anda? Apakah fungsi dari taman tersebut? Salah satu komponen dari taman adalah rumput. Rumput ini akan memberikan kesan hijau pada taman Anda. Selain itu, rumput juga berperan untuk meminimalisir debu akibat tanah kering dan memiliki sifat menyerap air yang baik sehingga tak terjadi genangan ketika musim hujan tiba.

Tips Merawat Rumput Taman

Ada beberapa jenis rumput yang bisa ditanam di taman rumah. Diantaranya rumput gajah mini, rumput golf, rumput swiss, rumput jepang/ rumput peking dan rumput embun. Salah satu yang sering digunakan yaitu rumput gajah mini karena murah dan mudah didapatkan. Meskipun beragam jenis, perawatan yang diperlukan cenderung serupa. Berikut ini cara merawat rumput taman yang benar.
  • Siram rumput taman secara rutin.
  • Penyiraman secara rutin akan menjaga kesuburan rumput taman. Rumput akan mengering jika dibiarkan tanpa air terutama di musim kemarau. Di musim hujan, dengan intensitas hujan yang cukup tinggi, penyiraman dapat dilakukan sesuai kebutuhan.
  • Penyiraman ini dapat dilakukan dengan cara manual ataupun dengan cara otomatis.
  • Jangan menyiram tanaman di siang hari.
  • Bersihkan rumput liar atau gulma yang tumbuh di area sekitar rumput.
  • Hal ini penting untuk dilakukan agar rumput tumbuh dengan baik tanpa adanya gangguan dari gulma tersebut.
  • Pangkas atau potong rumput taman secara berkala sebagai bentuk perawatan dasar yang selalu diperlukan untuk menjaga keindahan dan kesuburan rumput taman anda.
  • Anda dapat dengan mencari jasa potong rumput sehingga tidak perlu memangkas rumput sendiri. Jika ada bagian yang perlu ditambal, maka langkah penambalan juga dapat dilakukan.
  • Untuk perawatan, pemupukan juga perlu dilakukan untuk menjaga kesuburan sehingga taman tetap terlihat asri.
Merawat rumput taman dengan baik merupakan salah satu bagian penting untuk menjaga keasrian dan keindahan taman. Lakukan secara kontinu agar taman tetap nyaman dan asri.
Baca juga :
WhatsApp chat