CARA BUDIDAYA TANAMAN BUNGA ROSELLA

Tukang Taman Jogja – Tanaman bunga rosella merupakan tanaman hias yang biasa dipakai untuk tanaman hias di taman rumah. Selain untuk tanaman hias, tanaman bunga rosella ini memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Tertarik untuk menanam tanaman ini? Berikut adalah beberapa cara mudah menanam bunga rosella.

Cara Menanam Tanaman Rosella

Sebelum kita mulai menanam bunga rosella, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu karakteristik dari tanaman bunga rosella tersebut. Pohon rosella sendiri biasanya dapat tumbuh dengan subur dan baik di segala cuaca, suhu dan di kondisi lahan yang berbeda-beda. Akan tetapi perbedaan dari segi suhu dan karaker lahan serta cuaca bisa mempengaruhi warna dari buah tanaman rosella yang nantinya akan dihasilkan oleh tanaman tersebut.

Tanaman rosella bisa tumbuh dengan baik dan subur di ketinggian 10 hingga 600 meter dari atas permukaan laut. Untuk suhu yang optimal adalah di rentan suhu 20 hingga 34 derajat celcius, Tanaman rosella adalah tanaman yang hanya berbuah di satu waktu dalam semusim. Tanaman ini bisa tumbuh mencapai ketinggian 1 hingga 3 meter.

Persiapan Lahan dan Bibit

Cara menanam tanaman rosella yang pertama adalah mempersiapkan lahan yang akan kita Tanami tanaman rosella nantinya. Persiapan lahan dimulai dengan cara membersihkan semua area lahan yang akan digunakan dari tanaman liar atau gulma, melakukan penggemburan tanah dan juga memberikan pupuk baik itu pupuk kandang atau kompos secukupnya. Setelah itu kita buat bedengan ukuran yang disesuaikan dengan area lahan.

Selanjutnya adalah pemilihan benih atau bibit tanaman rosella yang baik agar nantinya bibit tersebut bisa tumbuh dengan baik dan sempurna serta memberikan hasil yang maksimal.

  • Pertama-tama biji tanaman rosella dikeringkan kurang lebih 4 hari lamanya.
  • Setelah kering kemudian ditempatkan atau disemai dl ahan tanah khusus yang sudah digemburkan.
  • Setelah dua minggu atau jika sudah tumbuh setinggi 7 cm, kemudian benih dimasukan kedalam polybag.
  • Biarkan tanaman rosella tumbuh hingga ukuran kurang lebih 20 cm sebelum dimasukan kearea lahan.
  • Penanam rosella juga bisa dilakukan langsung di area lahan, namun sebaiknya ditutupi agar tidak mudah rubuh dan rusak oleh hujan dan angin.

Halim Garden – Jasa profesional desain dan kontraktor landscape yang mengerjakan berbagai macam tipe atau konsep taman seperti taman hidup, taman tebing, pembuatan gazebo, pembuatan kolam koi, jual tanaman, jual rumput, dan sekaligus melayani jasa potong rumput dan tebang pohon| Bergabung KLIK DISINI | wa 0822 6559 9427 | Email halim.taman165@gmail.com